Definisi Ekonomi dan Pendidikan

Pengertian Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan  manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

Sumber : Title : Hukum: Pengertian ekonomi dan hukum ekonomi

http://hukum-on.blogspot.com/2012/06/pengertian-ekonomi-dan-hukum//

Menurut Abraham Maslow, ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui pengemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

Paul A. Samuelson mendefinisikan ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Sumber : Title: Pengertian dan definisi ekonomi menurut para ahli – Definisi – carapedia

http://carapedia.com/pengertian_definisi_ekonomi_menurut_para_ahli//

Pengertian Pendidikan

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (1991) Pendidikan diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Poerbakawatja dan Harahap dalam Muhibbin Syah (2001) menyatakan bahwa pendidikan merupakan usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk meningkatkan kedewasaan yang selalu diartikan sebagai kemampuan untuk bertanggung jawab terhadap segala perbuatannya.

Sumber  : Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Halaman 3

Pendidikan merupakan gejala semesta (fenomena universal) dan berlangsung sepanjang hayat manusia berada. Di mana ada kehidupan manusia, disitu pasti ada pendidikan (Driyarkara, 1980: 32).

Sumber : Siswoyo, Dwi, dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Halaman 1

Tinggalkan komentar

Filed under Lecturer

Tinggalkan komentar